Untuk mencapai tujuan penyelenggaraan Program Studi S1 Ilmu Tanah yaitu mendidik mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang unggul dan memiliki kompetensi dalam bidang Ilmu tanah dan sumberdaya lahan daerah aliran sungai disusunlah Program Learning Outcomes (PLO) sebagai dasar untuk menyusun kurikulum yang akan dilaksanakan. Terdapat lima PLO pada Program Studi Ilmu Tanah yang mencakup penguasaan konsep dasar, keterampilan praktis, dan kemampuan interpersonal. Dalam penyusunan PLO, seluruh pemangku kepentingan seperti Guru Besar, Dosen, Mahasiswa, Alumni dan beberapa pengguna lulusan dalam bidang pertanian turut serta mendefinisikan hasil pembelajaran yang diharapkan bagi lulusan Program Studi Ilmu Tanah.

PLO 1

Mampu mengidentifikasi, menganalisis, merumuskan dan memecahkan permasalahan di lahan pertanian tropis dengan pendekatan integrated sustainable soil management (ISSM)

PLO 2

Mampu melakukan dan mengembangkan penelitian di bidang pertanian tropis dengan pendekatan integrated sustainable soil management (ISSM)

PLO 3

Mampu merancang teknologi secara integrated sustainable soil management (ISSM) dalam menyelesaikan permasalahan lahan pertanian tropis.

PLO 4

Memiliki sikap, integritas, pemikiran yang kreatif dan inovatif dan mampu bekerja sama dalam tim

PLO 5

Memiliki kemampuan berwirausaha dalam bidang pertanian tropis dengan pendekatan integrated sustainable soil management (ISSM)