Pupuk Organik Diperkaya Mikrobia untuk Meningkatkan Kualitas Tanah
Selasa, 01 Des 2020, 19:55:11 WIB - 258 View

Pupuk Organik Diperkaya Mikrobia untuk Meningkatkan Kualitas Tanah

 

Tim Pengabdi: Dr. Mujiyo, SP.,MP; Prof. Dr. Ir. Suntoro, MS; Dr. Ir. Jauhari Syamsiyah, MS; Aktavia Herawati,S.P.,MP; Hery Widijanto, SP.,MP; Dr. Ir. Widyatmani Sih Dewi, MP; Dr. Sc. Agr. Rahayu,SP.,MP; Drs. Sutarno, MSi; Ganjar Herdiansyah, SP.,MP.  

Perkumpulan Pertanian Organik Wonoagung Wonogiri (PPOWW) merupakan gabungan dari beberapa kelompok tani, yang mengembangkan pertanian organik. PPOWW terletak di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Jumlah anggota mencapai lebih dari 100 orang yang tergabung dalam beberapa kelompok tani. PPOWW merupakan asosiasi yang bergerak di pertanian organik, dimana memiliki beberapa komoditas yang dibudidayakan, seperti padi, buah naga, nanas, dan lada, serta terdapat perternakan sapi. Budidaya padi sawah dan buah naga secara organik telah memperoleh sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloleman (LeSOS).

Komoditas buah naga dan nanas yang dibudidayakan oleh PPOWW

Peternakan Sapi PPOWW

Permasalahan Mitra yaitu banyaknya kotoran sapi yang belum termanfaatkan dan apabila dibiarkan, menjadi tumpukan kotoran sapi yang sangat berbau dan dapat mengundang lalat sebagai penular berbagai macam penyakit. Kotoran sapi bisa digunakan sebagai pupuk organik yang sangat bermutu. Pemanfaatan kotoran sapi sebagai bahan pembuatan pupuk organik beragensia hayati, akan menghasilkan pupuk organik yang tidak kalah mutunya dengan pupuk kandang dari pedagang. Pemanfaatan kotoran sapi untuk bahan pembuatan pupuk organik merupakan wujud nyata dari penerapan peniadaan limbah pada peternakan sapi.

Limbah Kotoran Sapi

Penambahan agensia hayati (mikrobia) dapat dilakukan untuk meningkatan kualitas pupuk organik. Pupuk organik yang mengandung satu atau lebih mikroorganisme menguntungkan (beneficial microorganisms), memiliki kemampuan untuk menstimulasi pertumbuhan tanaman. Penambahan pupuk organik berkualitas mampu meningkatkan ketersediaan hara dalam tanah. Pupuk organik berkualitas dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tanah. Peningkatan kualitas tanah diharapkan dapat menunjang optimalisasi produktivitas lahan.

Pembuatan pupuk organik diperkaya Mikrobia

Penanaman Padi

Pemupukan

Pengendalian hama terpadu

Panen