Apresiasi Program Studi Ilmu Tanah atas Purna Bhakti Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P.

0
109

Rabu, 29 September 2021 salah satu Guru Besar Program Studi Ilmu Tanah, Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P. telah melaksanakan webinar orasi dalam rangka penghargaan purna bhakti profesor Universitas Sebelas Maret. Webinar orasi dimulai sekitar pukul 08.30 WIB. Beliau menyampaikan pidato purna tugas dengan judul “Penggunaan Bahan Organik Sebagai Upaya Mengatasi Permasalahan Jerapan dan Meningkatkan Ketersediaan Phosfor (P) dalam Tanah”.

Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P. yang biasa dipanggil dengan Prof Minardi atau Prof Min telah melaksanakan penelitian yang terkhusus pada bidang kesuburan tanah secara konsisten. Beliau memiliki perhatian khusus pada jerapan unsur P yang tinggi dalam tanah yang memiliki kesuburan rendah. Beliau mengutip berbagai literatur yang menyampaikan bahwa jerapan P yang tinggi tidak dapat dihilangkan namun dapat dikurangi. Berdasarkan pernyataan tersebut beliau melakukan banyak penelitian untuk mengurangi jerapan P dalam tanah dengan bermacam cara yang berkolaborasi dengan tim peneliti dan mahasiswa. Pada akhirnya beliau menemukan komposisi yang baik untuk mengurangi jerapan P dan meningkatkan unsur P yang tersedia dalam tanah Alfisol yakni dengan menambahkan pupuk kandang, bahan pembenah tanah Dolomit dan Batuan Fosfat Alam (BFA). Terakhir beliau menyampaikan pesan kepada dosen-dosen muda yang lain dan mahasiswa untuk tetap berinovasi dan terus konsisten dalam melakukan penelitian kesuburan tanah.

Pidato dari Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P. dilanjutkan oleh pidato dari kolega sesama dosen program studi ilmu tanah yakni Bapak Hery Widijanto, S.P., M.P. Beliau menyampaikan mengenai pengalamannya bekerja bersama dengan Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P. serta nilai-nilai keteladanan yang dapat diambil dan tetap dijaga pelaksanaanya di lingkungan ilmu tanah. Pertama, keteladanan keilmuan dari Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P. yang secara konsisten melakukan penelitian dalam meningkatkan kesuburan tanah terutama ketersediaan unsur P dalam tanah. Keteladanan selanjutnya merupakan keteladanan kesederhanaan, yakni bagaimana kesederhanaan Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P. dalam berpakaian sehari-hari, keramahan beliau terhadap baik sesama guru besar, dosen junior, maupun dengan mahasiswa yang patut ditiru. Beliau merupakan orang yang murah senyum dan suka bercanda. Terakhir merupakan keteladanan kedisiplinan, beliau memiliki kedisplinan yang tinggi dan sangat menghargai waktu. Bapak Hery menyampaikan dalam pelaksanaan rapat dewan dosen, Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P. sering hadir 5 menit sebelum jadwal rapat dimulai dan selalu tepat waktu apabila memiliki janji temu dengan seseorang. Sebagai penutup, Bapak Hery Widijanto, S.P., M.P. menyampaikan selamat menikmati masa Purna Bhakti kepada Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P., semoga selalu diberikan kesehatan, kesuksesan, dan keberkahan.

Keluarga besar Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya terhadap pengabdian dan dedikasi Prof. Dr. Ir. Slamet Minardi, M.P. hingga saat ini. Selamat menikmati masa purna bhakti dan melanjutkan masa emeritus aktif, semoga selalu diberikan kesehatan, keberkahan, dan kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × four =