Alumni

KOMENTAR ALUMNI ILMU TANAH FP UNS

RTGF1.   Sri Kusrini Maruti, SP., MSi.
S-1 Jurusan/Program Studi Ilmu Tanah UNS
Tahun Masuk : 1988
Tahun Lulus : 1994
Riwayat pekerjaan:
PNS pertama tahun 1995 sebagai staf Kanwil BPN Provinsi Jateng di Semarang. Sri Kusrini Maruti sempat beberapa kali ditempatkan di lingkungan BPN kabupaten/kota di Jawa Tengah. Posisi sekarang sebagai kasubag TU Kantor Pertanahan Kota Salatiga.

Salah satu bidang tugas instansi Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN RI) adalah Bidang Survei Pengukuran dan Pemetaan Pertanahan yang terdiri dari kegiatan pembuatan peta dasar, peta tematik, peta potensi tanah serta pemanfaatan teknologi terkini. Dalam mata kuliah ilmu tanah didapatkan serangkaian pengetahuan untuk mendukung hal tersebut. Pada saat saya kuliah dulu mendapatkan materi Geodesi (Ilmu Ukur Tanah) walaupun hanya satu semester, namun sudah sangat membantu saya dalam memahami hal-hal dasar berkaitan dengan bidang survei pengukuran dan pemetaan pertanahan pada BPN RI.

Bidang tugas BPN RI yang lain adalah Bidang Pengaturan dan Penataan Pertanahan. Bidang ini mencakup pengaturan tanah obyek landreform, mengingat masih banyak petani yang belum memiliki tanah sebagai areal pertaniannya. Tanah obyek landreform bisa berasal dari bekas Hak Guna Usaha yang sudah tidak dimanfaatkan lagi oleh bekas pemegang haknya, maupun tanah-tanah yang berasal dari penertiban tanah terlantar atau tanah negara lainnya. Tugas pokok BPN RI lainnya berkaitan dengan analisa ketersediaan, konsolidasi tanah serta pendataan penguasaan pemilikan penggunaan dan pemanfaatan tanah. Saya pada saat kuliah dulu mendapatkan mata kuliah Analisa Kesesuaian Lahan dan Tata Guna Lahan yang sangat membantu juga dalam Bidang Pengaturan dan Penataan Pertanahan pada BPN RI.