LOMBA INOVASI ALAT PENGAMAT CUACA

IMG_8557

Gambar 1. Foto bersama Dosen Program Studi Ilmu Tanah dengan peserta lomba

Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan Lomba Inovasi Alat Pengamat Cuaca, bagi siswa- siswi SLTA (SMA dan SMK) se Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam  rangka upaya Program Studi Ilmu Tanah menunjukkan eksistensinya untuk bisa  diketahui lebih banyak siswa SLTA (SMA & SMK) sehingga  Program Studi ini bisa menjadi pilihan mereka  saat mereka harus memilih tempat pendidikan untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk mewadahi kreativitas siswa menghasilkan karya alat pengamat cuaca yang inovatif dan praktis.  Mengingat berlangsungnya pemanasan global yang menyebabkan terjadinya anomali iklim saat ini sangat dibutuhkan  pengamatan cuaca yang rutin, intensif untuk mendapatkan data-data yang bisa digunakan sebagai pedoman bagi masyarakat untuk mengetahui kondisi cuaca.

Sosialisasi kegiatan ini dilakukan melalui pamflet yang dikirim ke sekolah-sekolah SMA dan SMK di Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat (Madiun, Magetan, Ngawi).   Ada 19  tim siswa  yang merespon aktif kegiatan ini dengan mengirimkan desain dan foto hasil karyanya kepada panitia. Dari 19 tim  tersebut oleh panitia diseleksi dan ditentukan 9 tim masuk final, yaitu 2 tim dari SMK Mikael Surakarta, 1 tim dari SMA Negeri 1 Baturetno Wonogiri, 1 tim dari SMA Negeri 1 Andong Boyolali, 1 tim dari SMA Negeri 1 Semarang, 1 tim dari SMA Negeri 11 Semarang, 2 tim dari SMA Negeri 7 Surakarta dan 1 tim dari SMA Negeri 4 Surakarta.

IMG_8649

Gambar 2. Presentasi tim dari SMA 11 Semarang

Pada  hari Selasa 30 Oktober 2018 semua tim finalis mempresentasikan hasil karyanya di gedung LPPM UNS.  Dari hasil penilaian tim Juri ditentukan 3 tim pemenang lomba. Juara 1 diraih oleh tim dari SMA Negeri 11 Semarang, juara 2  dari SMA Negeri 1 Semarang dan juara 3 dari SMA Negeri 4 Surakarta.  Pemenang mendapat tropi dan sertifikat juara serta uang pembinaan.

IMG_8712