Soil Study Banding dan Soil Travel Mahasiswa Prodi Ilmu Tanah

40 mahasiswa Program Studi Ilmu Tanah Fak. Pertanian UNS mengikuti kegiatan Soil Study Banding dan Soil Travel. Kegiatan inidikuti oleh 40 mhs terdiri dari 2013 sejumlah 25 mahasiswa, angkatan 2014 sejumlah 11 mahasiswa dan angkatan 2015 sebanyak 4 mahasiswa

Kegiatan di pabrik kopi banaran PTPN IX, diterima oleh Bp Sujoyo (sinder teknik/ penanggung jawab pabrik) dan dibantu oleh 2 orang staff.

rRNNtZMZ

Acara pertama diberi penjelasan tentag kesesuaian lahan tanaman kopi robusta dan arabika beserta kualitas dan prospek pengembangan di wilayah Bawen.
Dalam hal ini PTPN IX lebih mengutamakan jenis kopi robusta karena sesuai dengan ketinggian tempat yaitu antara 400-500 mdpl.
Kemudian diberi penjelasan ttg proses pemetikan kopi, fermentasi untuk memisahkan antara biji kopi dari kulit cangkangnya serta kulit ari, proses sortasi qualitas biji kopi yg didasarkan pd diameter biji kopi dan keutuhannya.
Setelah itu, diputarkan vidio sejarah berdirinya pabrik kopi banaran.

86jNU7h1

Mahasiswa kemudian diajak meninjau di tempat-tempat pemrosesan kopi. Hanya sayangnya pabrik belum mulai proses. Terakhir mahasiswa ditunjukkan tempat pemrosesan pupuk yang dibuat dari cangkang kulit kopi, yangg diuji cobakan pada tanaman strawbery. Terakhir mahasiswa diajak pada bagian hilir yaitu kopi siap jual.

Setelah dari pabrik kopi banaran, mhs berkunjung ke Ketep yaitu gerdu pandang untuk melihat gunung Merapi dan Merbabu dari jarak yg lebih dekat,
Di lokasi ini mahasiswa juga melihat pemutaran film proses gunung Merapi ketika meletus pada tahun 2010 dan diberi penjelasan ttg musium gunung Merapi.