SINERGITAS DALAM PENDAMPINGAN KELOMPOK TANI

Salah seorang Dosen Prodi Ilmu Tanah yang bernama Joko Winarno yang ikut membidani berdirinya Kelompok Tani Anugrah dan Koperasi Serba Usaha Anugrah Jaya, Desa Ngadiluwih, Kec. Matesih, pada hari Sabtu (20 Februari 2016)  bersama-sama dengan pemerhati pertanian organik yaitu Bp. Sri Darmaji (pensiunan PNS, Ka-Bag Perekonomian Kab. Tegal) yang saat ini bertempat tinggal di Jl. Manga VI No. 39 Lamper Kidul Semarang, telah melaksanakan pendampingan kepada kelompok tani tersebut.SAMSUNG CAMERA PICTURES
Kelompok tani Anugrah ini didirikan atas inisiatif petani sendiri, sehingga tidak memperoleh fasilitas bantuan kegiatan program dari Pemerintah, sebagaimana kelompok tani lain yang dibentuk oleh BP4K (Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Kehutanan). Oleh karenanya, keunggulan kelompok tani ini adalah: (1) semangat atau motivasi anggotanya yang sangat luar biasa dalam menggarap sawah dengan perlakuan organik, (2) upaya anggota kelompok tani dalam mengelola keberlanjutan kelembagaan petani tersebut serta (3) upayanya dalam mengembangkan jejaring kemitraan dengan berbagai pihak.
Namun demikian, di balik itu tetap memiliki keterbatasan diantaranya adalah: (1) mutu berbagai saprodi organik yang telah dihasilkan, (2) pengetahuan tentang budidaya perlakuan organik yang benar, (3) pengembangan bibit padi lokal serta (4) permodalan untuk membeli produk padi perlakuan organik milik anggota serta petani di sekitarnya. Pada point 1 hingga 3 tersebut, sangat diperlukan peran Perguruan Tinggi, sedangkan poin 4 sangat terkait dengan pelaku pasar dan lembaga keuangan.
Memperhatikan potensi yang dimiliki oleh Kelompok Tani Anugrah, maka Bp Sri Darmaji bermaksud untuk membantu pengembangan kelompok tani ini. Mengingat kelompok tani Anugrah tidak memiliki badan hukum, maka pendekatan yang dilakukannya dengan menggunakan kelembagaan  Koperasi Anugrah Jaya. Terkait dengan hal tersebut, maka pada hari sabtu (20 Februari 2016) dilakukannya pendampingan dalam membuat company profile KSU Anugrah Jaya.
Dalam pendampingan tersebut, disarankan VISI KSU Anugrah Jaya adalah  “Terwujudnya peningkatan kesejahteraan dan kemandirian petani melalui pengembangan pertanian terpadu menuju sistem organik yang mandiri dan madani”.
Adapun Misinya adalah:

  1. Merubah pola pikir, perilaku usaha dan budaya kerja para petani, agar lebih berkomitmen untuk mengembangkan pola pertanian terpadu berbasis sistem organik;
  2. Mengembangkan unit-unit usaha yang diperlukan untuk menunjang kegiatan usaha dan pelayanan kepada kelompok tani;
  3. Memperkuat akses pemasaran hasil produksi, guna memberikan kepastian pasar dan kepastian harga bagi hasil produksi kelompok tani;
  4. Memperkuat akses terhadap sumber teknologi, guna memfasilitasi kebutuhan paket teknologi yang diperlukan kelompok tani;
  5. Memperkuat akses terhadap sumber permodalan, guna memberikan pelayan kebutuhan modal kerja bagi kelompok tani;
  6. Membangun kolektivitas usaha antar para pelaku usaha dari segmen hulu hingga hilir;

Program kerjanya adalah:

  1. Revitalisasi Kelompok Tani di Bidang Pertanian Organik Terpadu;
  2. Penelitian dan pengembangan pertanian organik terpadu;
  3. Pendampingan dan bimbingan teknis bagi kelompok tani;
  4. Peningkatan Kapasitas Pelayanan Prasarana/Sarana Usaha Koperasi dan kelompok tani;
  5. Peningkatan Pola Kemitraan Pertanian Organik Terpadu dengan berbagai pihak;
  6. Perkuatan Modal Usaha Koperasi;

Adapun sasarannya adalah:

  1. Terwujudnya penguatan komunitas petani organik
  2. Terwujudnya captive market bagi produk hasil pertanian organik;
  3. Tercapainya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani melalui program pertanian organik terpadu;
  4. Terwujudnya produk unggulan daerah dari hasil produksi pertanian organik

Langkah berikutnya dalam pendampingan dan penguatan kelembagaan kelompok tani Anugrah / Koperasai Serba Usaha Anugrah Jaya ini yaitu akan dilakukannya presentasi tentang profil KSU Anugrah Jaya di Dinas Koperasi Propinsi Jawa Tengah. Harapannya adalah adanya perhatian dari Dinas Koperasi Propinsi terhadap pengembangan potensi kelembagaan petani (KSU Anugrah Jaya / Kelompok Tani Anugrah) dalam melaksanakan pengembangan pertanian organik di wilayah Kecamatan Matesih.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Di kemudian hari, diharapkan kelompok tani Anugrah atau KSU Anugrah Jaya dapat menjadi contoh bagi pengembangan kelembagaan petani maupun dalam proses sosialisasi pengembangan pertanian organik di wilayah Kec. Matesih, Kab. Karanganyar serta outlet bagi pemasaran beras perlakuan organik di wilayah Kec. Matesih yang kualitasnya dapat dipertanggungjawabkan.