PELATIHAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK SISWA SMA ATAU SEDERAJAT (Hari Pertama)

Program studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNS Surakarta menyelenggarakan acara Pelatihan Sistem Informasi Geografi (SIG) bagi siswa Sekolah Menengah Atas atau Sederajat. Kegiatan pelatihan ini mengundang 40 sekolah di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur serta dilaksanakan selama 2 hari mulai Sabtu, 20 Februari 2016 sampai dengan Minggu, 21 Februari 2016. Sebagai trainer adalah para mahasiswa Program Studi Ilmu Tanah yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Ilmu Tanah (KMIT).

HARI I (Sesi 1)

IMG_5082

Pembukaan oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Bambang Pujiasmanto, MS.

Sesi 1 Acara diawali Laporan Ketua Panitia Dr. Mujiyo dan dilanjutkan Pembukaan secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Bambang Pujiasmanto. Hadir dalam acara hari pertama 28 siswa dan 2 orang guru pendamping dari 7 sekolahan. Acara dimulai dengan materi Google Earth oleh R Bagus Janistra.

IMG_5108

Materi Google Earth oleh R Bagus Janistra.

IMG_5134

Para siswa SMA praktek GIS dengan bimbingan para Mahasiswa dari KMIT

Kegiatan pada sesi 1 di hari pertama ditutup dengan pemberian penghargaan bagi penampilan terbaik peta UNS serta foto bersama antara peserta dan Panitia. Peserta memberikan pesan dan kesan melalui buku tamu di website ilmu tanah

IMG_5190

Penghargaan bagi 3 peserta terbaik

Hari I Sesi 2

Pelatihan GIS pun dilanjutkan dengan sesi 2. Acara sesi 2 dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Hery Widijanto, SP., MP. Hadir dalam sesi ini 37 siswa dari 8 sekolahan, beberapa diantaranya didampingi guru dari masing-masing sekolah tersebut.

IMG_5226

Pembukaan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Hery Widijanto, SP., MP.)

IMG_5231

Pembawa materi pada sesi 2 Adhia dan Rizkisadi.

IMG_0488

Peserta Pelatihan Hari Pertama Sesi 2