3 DOSEN PRODI TANAH MENGIKUTI DIKLAT TRAINING OF TRAINER SEKOLAH LAPANG IKLIM

Sebanyak 33 orang peserta terdiri dari 30 orang pegawai BMKG UPT daerah dan 3 Dosen dari Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNS, ikut Pendidikan dan Pelatihan Training of Trainer Sekolah Lapang Iklim (ToT SLI) yang digelar Pusdiklat BMKG dari tanggal 25 – 29 Januari 2016, secara resmi dibuka oleh Sekretaris Utama BMKG Dr. Widada Sulistya, DEA bertempat di Gedung Serbaguna Citeko-Bogor, Selasa (26/1). 3 Dosen yang terpilih mengikuti kegiatan tersebut adalah :Ir. SUMANI M.Si, Dr.Ir. WIDYATMANI SIH DEWI M.P. dan KOMARIAH STP.,M.Sc.,Ph.D.
BMKG_Pusat_20161261619
Sekolah Lapang Iklim (SLI) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh BMKG yang bertujuan untuk menjembatani peningkatan pemahaman mengenai informasi iklim bagi para petugas di lingkungan Dinas Pertanian Daerah, Penyuluh, Dosen dan Petani.Sekolah Lapang Iklim merupakan salah satu upaya BMKG dalam diseminasi informasi SLI untuk pertanian.Sekretaris Utama dalam sambutannya mengatakan bahwa SLI merupakan sumbangsih BMKG dalam rangka mendukung kegiatan nasional. BMKG tidak terlibat langsung dalam kegiatan yang terkait seperti Pertanian dan bencana yang terkait dengan meteorologi, akan tetapi BMKG berkewajiban mendidik  atau mensosialisasikan informasi.

“Sejak 2011, SLI telah dilakukan BMKG, dan keberhasilan SLI diakui oleh World Meteorological Organization (WMO) sebagai Ikon Pelayanan Iklim dalam proses adaptasi perubahan iklim. Selain itu, Inovasi SLI BMKG  menjadi salah satu Empat  Top Inovasi Pelayan Publik 2014 mewakili Indonesia dalam pameran inovasi Kemen PAN-RB diacara ASEAN – Republik of Korea Commemorative summit dan Publikasi SLI di COP ke 20 di Peru serta COP ke 21 diperancis“, papar Dr. Widada.

Lebih lanjut, Sekretaris Utama berharap diskusikan bersama dalam diklat Training of Trainer SLI, bagaimana membuat metode dan inovasi baru, sehingga kedepannya dapat dilaksanakan SLI untuk sektor lain tanaman pangan, misalnya SLI untuk garam dan nelayan, ujar Dr. Widada.

Sedangkan,  Kepala Pusdiklat BMKG Drs. Herizal dalam laporannya  menyebutkan bahwa tujuan Diklat ToT SLI adalah untuk meningkatkan kemampuan instruktur di lingkungan BMKG terutama UPT Daerah dalam kegiatan Sekolah Lapang Iklim , dengan Sasaran terwujudnya instruktur yang profesional dalam mengelola dan menyelenggarakan SLI.